Friday, March 27, 2015

Belajar Bahasa Inggris - Adjectives dan Penggunaannya

Adjectives (kata sifat ) adalah kata yang berfungsi untuk menerangkan single noun atau noun prhase, dan untuk menerangkan pronoun. Berikut adalah beberapa contoh adjectives yang sering digunakan:
acid (masam)
dry (kering)
low (rendah)
aerobic (beroksigen)
empty (kosong)
new (baru)
anaerobic (tanpa O2)
fast (cepat )
noisy (ribut)
arrogant (keras kepala)
fat (gemuk)
old (lama, tua)
bad (jelek)
fertile (subur)
red (merah)
beautiful (cantik)
flat (datar)
short (pendek)
big (besar)
full (penuh,kenyang)
slow (lambat)
black (hitam)
good (baik)
small (kecil)
blue (biru)
handsome (tampan)
steep (terjal,curam)
bright (terang,pintar)
high (tinggi)
strong (kuat )
busy (sibuk)
hot (panas)
stupid (bodoh)
clean (bersih)
humble (rendah hati)
thin (kurus)
cold (dingin)
hungry (lapar)
ugly (buruk rupa)
dark (gelap)
infertile (tidak subur)
weak (lemah)
diligent (rajin)
intelligent (pintar)
white (putih)
dirty (kotor)
lazy (malas)
young (muda)
Penggunaan adjectives
Adjectives digunakan untuk menerangkan nouns melalui 2 cara, yaitu:
a.   Dengan menempatkan adjectives di depan nouns. Hal ini karena Bahasa Inggris mengikuti aturan atau pola MD (menerangkan diterangkan). Dan tentu saja anda sudah tahu bahwa Indonesia adalah sebaliknya, yaitu mengikuti pola DM (diterangkan menerangkan).
bad attitude (prilaku buruk)
a dark room (sebuah ruang gelap)
fragrant rose (sekuntum mawar harum)
good person (seorang yang baik)
high mountain (1 gunung tinggi)
a pair of new shoes (sepasang sepatu baru)
red sweater (sebuah sweater merah)
an old car (sebuah sedan tua)
cold water (air dingin)
dirty floor (lantai kotor)
gorgeous girls (wanita-wanita cantik)
ten stupid students (10 siswa bodoh)
three big houses (3 rumah besar)
two young cocconuts (dua kelapa muda)
Adjectives pada tabel di atas, misalnya: red menerangkan sweater (sweater berwarna merah), new menerangkan shoes (sepatu (yang) baru), old menerangkan car (mobil yang tua), young menerangkan cocconut (kelapa muda), dst.
Contoh:
1.       My father has an old car. (Ayah saya mempunyai sebuah mobil tua)
2.       I like young coconut fruits. (Saya suka buah-buah kelapa muda)
3.       All criminals have bad attitudes. (Semua penjahat mempunyai peri laku yang buruk)
4.       Lazy students usually get bad results. (Murid-murid yang malas biasanya mendapatkan nilai/hasil yang jelek).
5.       He is a fast runner. (Dia (adalah) seorang pelari yang cepat)
b. Dengan menggunakan linking verbs di antara nouns dan adjectives.
Kata-kata yang tergolong linking verbs atau copulative verbs, antara lain:
tobe
sound (terdengar)
look (tampak)
smell (tercium,baunya)
seem (tampak)
get (menjadi)
appear (tampak)
become (menjadi)
feel (terasa)
stay (tetap)
taste (terasa)
remain (tetap)
·         To be : is, am, are, was, were, be, dan been. Penggunaan tobe ini harus sesuai dengan  tensis yang digunakan.
·         Sebagai linking verbs, kata-kata ini hanya bersifat pasif, dan hanya berfungsi untuk menjembatani nouns (umumnya sebagai subject kalimat) dengan adjectives (kata sifat) yang menerangkannya. 
Contoh:
1.       This sweater is small. (Sweater ini kecil). 
2.       Mary felt disappointed. (Mary merasa kecewa).
3.       The floor is dirty. (Lantainya kotor).
4.       The shoes are new. (Sepatu itu baru).
5.       That girl is so gorgeous. (Gadis itu begitu menawan).
6.       This house is big. (Rumah ini besar).
7.       The water is cold. (Airnya dingin).

Yang membuat kita bingung adalah kadang-kadang linking verbs (verb yang pasif), juga dapat digunakan sebagai verbs yang aktif. Jika sebagai verb yang aktif,  verb tersebut diikuti oleh adverb, bukan oleh adjectives. Untuk menentukan  apakah sebuah verb adalah verb yang pasif atau verb yang aktif, silakan dibaca topik : Perbedaan penggunaan simple present tense dengan present continuous tense. Cara menentukan verb pasif/aktif ini menjadi penting karena selain terkait dengan penentuan adjective dan adverb, juga terkait dengan dapat/tidaknya digunakan pada tensis-tensis progressive (continuous).

No comments:

Post a Comment